12 Ide Rak Buku Dinding Unik & Kreatif untuk Dekorasi Ruang

Di era modern, buku tidak hanya menjadi jendela dunia tetapi juga elemen dekorasi yang dapat mempercantik ruangan. Rak buku dinding hadir sebagai solusi serta dekorasi kreatif untuk menata koleksi buku sekaligus mempercantik ruangan. Beragam desain dan moderlnya, memungkinkan rak dapat menyatu dalam berbagai gaya interior.

Memiliki rak tentu sangat bermanfaat. Tidak hanya dapat menyimpan buku agar rapi dan teratur, rak juga dapat menghemat ruang, memajang dekorasi dan meningkatkan estetika ruang. Modelnya juga tidak selalu berupa kotak-kotak saja, karena kini banyak model unik yang bisa digunakan.

Konsep Desain


rak buku dinding minimalis

Tren Terbaru


Tren rak minimalis masih mendominasi desain interior. Desain simple dan garis-garis tegas menjadi pilihan populer yang banyak digunakan. Bahkan tak hanya utuk menyimpan buku saja, kegunaannya multifungsi untuk menyandingkan buku-buku dengan ornamen dekoratif lainnya.

Rak buku dinding yang membosankan juga mulai ditinggalkan, seperti desain kotak. Kini bentuk geometris unik seperti segitiga, lingkaran atau heksagonal menjadi tren baru. Bentuk-bentuk unik lainnya memberikan sentuhan kreatif dan artistik pada ruangan.

Material


Penggunaan material kayu masih mendominasi untuk pembuatan rak. Kayu adalah material klasik dan timeless yang ekonomis dan mudah dibentuk. Selain itu, ada juga yang membuat rak dinding dari bambu, rotan, bahkan tali makrame yang dapat memberikan kesan hangat dan natural.

Untuk rumah gaya industriak, rak buku dinding material logam seperti besi dan aluminium bisa jadi pilihan yang kokoh dan tahan lama, cocok untuk buku dengan beban berat. Sedangkan untuk kesan modern dan elegan bisa menggunakan kaca atau kaca tempered dan akrilik. Modelnya bisa disesuaikan selera dan gaya ruangan.

Berapa Biaya Membuat Rak Buku Dinding?


Biaya pembuatan rak bervariasi tergantung material, desain dan ukuran. Perkiraan biaya kayu sederhana sekitar Rp. 100.000 - Rp. 500.000, rak logam Rp. 50.000 - Rp. 300.000, rak kaca Rp. 150.000 - Rp. 700.000, rak plastik Rp. 30.000 - Rp. 150.000 dan rak rotan Rp. 200.000 - Rp. 1.000.000. Harga tersebut hanya perkiraan dan masih tergatung faktor-faktor diatas.
 

Desain Rak Buku Dinding


1. Rak Dinding Minimalis Populer


rak dinding besi

Desain rak dinding ini sangat umum digunakan pada rumah minimalis. Model sederhana, tanpa pembatas biasanya digunakan untuk menaruh hiasan. Jika digunakan untuk rak buku, bisa ditambahkan pembatas rak buku agar tatanan buku tetap rapi.

2. Rak Dinding Kayu Sederhana


rak dinding kayu

Model rak buku dinding ini sangat sederhana tetapi penuh gaya. Fungsi lainnya adalah sebagai elemen dekoratif, sehingga yang dipasang bisa buku atau majalah yang up to date. Anda bisa memasang beberapa rak pada ruangan sesuai kebutuhan.

3. Rak Buku Dinding Aesthetic


rak minimalis

Ingin menciptakan kesan menarik untuk kamar anak-anak?, maka menggunakan rak buku kayu custom bisa jadi pilihan menarik. Bentuknya yang unik dan menyenangkan dapat digunakan untuk memajang buku, mainan maupun hiasan. Model rak ini bisa mengisi area dinding kosong, sehingga kamar anak-anak tidak akan tampak membosankan meski tanpa pajangan lainnya.

4. Makrame Sebagai Aksen Dekorasi


makrame

Tak hanya material keras saja yang bisa dijadikan rak buku, tetapi tali makrame juga bisa dimanfaatkan. Bagi yang suka seni, menggunakan tali makrame sebagai dekorasi sekaligus rak buku adalah pilihan menarik. Desainnya cocok untuk ruang pribadi, dan Anda bisa menggantungnya di ruang santai maupun kamar tidur.
 

5. Rak Dinding Tempel Akrilik


rak hiasan dinding

Rak buku dinding ini berbahan akrilik yang memiliki banyak pilihan warna. Akrilik adalah plastik polimer yang kerap digunakan sebagai pengganti kaca. Tampilannya yang bersih dan modern dapat meningkatkan estetika interior rumah Anda.

6. Rak Minimalis Gaya Invisible


rak dinding minimalis

Rak buku ini tidak benar-benar melayang tetapi diletakkan pada rak dinding tempel berukuran kecil. Meski membuat tampilannya lebih unik, tentu buku bisa gampang jatuh jika tersenggol. Sehingga jika ingin memiliki rak dekoratif seperti gambar diatas, pastikan berada di area dinding yang aman ketika dilalui.
 

7. Rak Buku Dinding Sederhana


rak dinding kayu

Membuat rak dinding minimalis tidak harus vertikal dan horisontal. Memasang rak diagonal dapat membuat sedikit daya tarik karena bagus dijadikan dekorasi. Namun, hanya buku-buku berukuran sesuai kotak yang bisa ditaruh rak tersebut.

8. Rak Dinding Minimalis Kotak


vas bunga minimalis

Rak buku dinding kotak berjajan seperti gambar diatas cocok untuk rumah minimalis modern. Desain sederhana dan bersih dalam warna gelap menjadi dekorasi dan aksen yang menarik. Bagian rak dan atas kotak dapat dimanfaatkan untuk menaruh buku maupun hiasan sesuai selera.

9. Desain Zig Zag yang Menarik


rak dinding kayu

Jika ingin desain yang tidak biasa, rak diagonal zig zag bisa jadi pulihan menarik. Anda bisa menaruh buku dalam dua sisi yang diinginkah. Namun, desainnya yang miring mungkin tidak bisa dimanfaatkan untuk menaruh hiasan lainnya.

10. Rak Buku Dinding Unik Multifungsi


rak dinding tempel

Jika rak kotak terlalu membosankan, Anda bisa mendesainya diagonal seperti gambar diatas. Tak hanya sebagai tempat menaruh buku, kotak diagonal juga bisa untuk menaruh hiasan tertentu. Rak diagonal ini akan memberikan tampilan menarik jika susunan barang secukupnya saja, sehingga tidak terlihat penuh.

11. Desain Modern Gaya 3D


rak dinding minimalis

Desain rak buku dinding satu ini didesain 3D dan memiliki bentuk unik. Rak kotak membentuk lingkaran dengan tekstur cembung memberikan daya tarik visual yang cantik untuk mengisi dinding kosong. Ini bisa dijadikan tempat menyimpan buku maupun hiasan lain dengan tampilan yang indah.

12. Rak Dinding Tempel untuk Atas Bawah


rak dinding minimalis

Kali ini, ada rak dinding yang permukaan atas dan bawah bisa dijadikan tempat penyimpanan. Rak bawah pada gambar diatas terdapat tali karet untuk menyimpan buku, sedangkan bagian atas dapat digunakan untuk hiasan lain. Penggunaannya sebagi rak buku mungkin agak ribet, tetapi sangat unik secara visual.

Do & Don't

 

Do :

 
  1. Sesuaikan material dan desain rak buku dinding dengan gaya interior ruang dan kebutuhan.
  2. Pastikan ukuran rak yang dipilih proporsional dengan ruangan.
  3. Atur buku dengan rapi dan sistematis.
  4. Gunakan aksesoris seperti vas bunga, atau ornamen dekorasi untuk mempercantik tampilan rak.
  5. Bersihkan rak secara rutin dari debu agar terlihat rapi dan terawat.

Don't :

 
  1. Hindari memilik material yang mudah rusak atau tidak tahan lama.
  2. Memasang rak buku dinding yang terlalu besar dapat membuat ruangan terasa sempit.
  3. Hindari memasang rak di tempat lembab karena dapat menyebabkan rak berjamur atau lapuk.
  4. Hindari menampatkan buku yang terlalu berat pada rak buku yang berbahan ringan, karena rak bisa roboh.
  5. Jangan menyimpan barang yang tidak relevan para rak buku.
  6. Hindari tidak membersihkan debu dan kotoran yang menumpuk di rak, karena dapat merusak buku.

FAQ


Apa keuntungan menggunakan rak buku dinding tempel?
Menghemat ruang lantai, menambah estetika ruang, mempermudah dalam mengambil buku dan sebagai elemen dekoratif.

Bahan apa yang biasanya digunakan untuk rak?
Rak buku dinding biasanya terbuat dari berbagai bahan seperti kayu, logam, kaca, dan MDF (Medium Density Fiberboard).

Berapa beban maksimal yang bisa ditahan rak buku?
Beban maksimal rak tergantung pada bahan, bracket yang digunakan, dan jenis dinding. Sehingga penting untuk mengetahui spesifikasi produknya.

Bagaimana cara merawat rak dinding?
Bersihkan secara rutin dengan kain lembut, hindari menempatkan barang terlalu berat pada rak, jauhkan dari kelembaban dan

Related Posts